Minggu, 26 Mei 2013

MEMANFAATKAN INTERNET UNTUK BELAJAR LUAS SEGITIGA

Disini saya postingkan mengenai pembelajaran berbasis web. Seperti yang kita ketahui, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar menjadi sesuatu yang penting dengan seiring perkembangan IPTEK yang semakin maju sekarang. Oleh karena itu, para pendidik dapat memanfaatkan internet sebagai sarana untuk proses belajar mengajar bagi peserta didik termasuk dalam pembelajaran matematika. 

Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika sub-bab Bangun Datar di kelas VII SMP semester 2.

Semoga bermanfaat :)

A. Standar Kompetensi

Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.

B. Kompetensi Dasar
Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

C. Indikator Pembelajaran
  1. Menghitung luas segitiga
  2. Menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan luas segitiga
D. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menghitung Luas segitiga
  2. Siswa dapat menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan luas segitiga
E. Metode Pembelajaran
    Kooperatif menggunakan internet

F. Kegiatan Pembelajaran

1.    Kegiatan pembelajaran dapat diawali dengan memanfaatkan video youtube yang berkaitan dengan luas segitiga.


Dengan video yang berdurasi kurang lebih 2 menit tersebut, memberikan ilustrasi secara nyata kepada siswa bagaimana mencari luas suatu bangun segitiga.



2.    Setelah video selesai ditayangkan, guru meminta siswa membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi menjelaskan informasi apa saja yang mereka dapatkan setelah menonton video tersebut. 



3.    Kemudian siswa mempresentasikan atau mengkomunikasikan secara lisan mengenai apa yang mereka peroleh dari video yang mereka tonton tersebut seperti bagaimana cara menemukan rumus luas segitiga, bagaimana menghitung luas suatu bangun segitiga, dan lain sebagainya. 



4.    Setelah siswa menjelaskan inti dari video tersebut, guru memberikan penjelasan tambahan menggunakan buku atau sumber belajar lain disini agar siswa lebih memahami mengenai luas segitiga, dan siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab jika masih ada yang belum dimengerti mengenai materi luas segitiga tersebut.

5.    Jika siswa sudah mengerti dan memahami tentang materi luas segitiga ini, guru mengajak siswa bermain kuis online disini.

6.    Buku atau sumber belajar matematika untuk mempelajari Materi Luas Segitiga bisa di download disini.

7.    Setelah mempelajari materi Luas Segitiga ini, siswa bisa mengasah kemampuannya dengan bermain kuis online lainnya mengenai materi tersebut. Berikut ini adalah daftar situs yang dapat memperkaya pemahaman siswa mengenai luas segitiga :

G. Media dan Sumber Belajar
  1. Komputer dan internet.
  2. Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di internet.

0 komentar:

Posting Komentar